Membuat Ranking dalam
Microsoft Excel
Rank (Ranking) atau tata urutan nilai dari kecil
ke besar(ascending) atau dari besar ke kecil (descending). Biasanya
digunakan untuk menentukan urutan ranking dalam suatu data.
Dengan adanya Fungsi Ranking dalam Excel sangat
memudahkan kita ketika membuat ranking. Misal dalam sebuah sekolah dengan murid
yang lebih dari 100 siswa. Lalu kita akan membuat peringkat seluruh siswa
tersebut menggunakan cara yang manual akan memerlukan waktu yang sangat banyak.
Makanya kita sangat perlu untuk mempelajari bagaimana fungsi rank tersebut.
Coba Kamu buat tampilan seperti di bawah ini!
Gunakan rumus ini untuk menampilkan Ranking :
=RANK(C2,$C$2:$C$7,0)
=RANK(C3;$C$2:$C$7;0)
=RANK(C4;$C$2:$C$7;0)
=RANK(C5;$C$2:$C$7;0)
=RANK(C7;$C$2:$C$7;0)
=RANK(C8;$C$2:$C$7;0)
jika ingin menampilkan secara terbalik gunakan rumus di bawah ini!
=RANK(C2,$C$2:$C$7,1)
=RANK(C3;$C$2:$C$7;1)
=RANK(C4;$C$2:$C$7;1)
=RANK(C5;$C$2:$C$7;1)
=RANK(C7;$C$2:$C$7;1)
=RANK(C8;$C$2:$C$7;1)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar